Kunci-kunci Rahasia Photoshop dalam desain yg wajib kamu ketahui (Part 1)

1
2385

Bagi kalangan desainer baik yang mahir sampai pemula mungkin sudah tidak asing lagi ya mendengar software yang satu ini. Software yang diciptakan pada tahun 1988 oleh Thomas and John Knoll  memang menjadi salah satu software editing poto terbaik. Selain hasil yang dihasilkan sangat bagus (tergantung keahlian ya..) juga memiliki segudang fitur-fitur yang sangat bermanfaat.

Pada postingan kali ini saya hanya ingin berbagi pengalaman selama bekerja menggunakan photoshop, tutorial dan cara singkat dalam menggunakan tool-tool yang ada dengan mudah menggunakan fasilitas keyboard tanpa harus mengklik gambar ikon toolbar yang ada.

Berikut ini 3 tutorial yang semoga bisa dipraktekan dalam mendesain/mengedit foto:

1.   Mengcopy Layer/Gambar

Untuk mengcopy layer menjadi bayak Anda tidak perlu mengklik pada tab layer lalu memilih duplicate layer. tapi cukup dengan menekan tombol ALT lalu klik pada layer lalu drag layer tersebut. Maka Otomatis layer akan tercopy.

2.   Memilih Beberapa Layer 

Jika ingin memilih beberapa layer sekaligus bisa saja langsung mendrag area di sekitar layer. Tapi ketika kita ingin memilih layer-layer tertentu untuk dipilih maka dengan menggunakan cara tadi akan memilih layer yang tidak kita inginkan. Seperti pada contoh di bawah ini

phtshop 1Dari gambar misalnya kita ingin menyelksi layer no 1 dan 3 saja. Maka Jika kita melakukan cara pertama otomatis layer ke-2 juga akan terseleksi. Nah caranya  adalah dengan menekan tombol SHIFT dan klik layer no 1 dan klik layer 2 (tombol shfit masih ditekan). Nah, dengan begitu Anda dengan cepat bisa memilih layer 1 dan 3 tanpa harus melibatkan layer 2.

3.   Memindahkan/Membuat Garis/seleksi lurus vertikal atau horizontal

Cara ini bisa saja dilakukan dengan menggunakan bantuan ruller yang ada, jika ruller belum ada bisa tekan CTRL + R pada keyboard. Namun terkadang pada saat seleksi atau kita ingin menggambar bentuk bebas akan kesulitan dalam membuat garis lurus. Nah untuk itu harus dengan bantuan khusus agar bisa membuat garis lurus sesuai kehendak.

sebagai contoh :

phtshop 2

dengan menggunakan Polygonal lasso tool saya akan membuat garis lurus dari A ke B. Jika saya klik pertama ke A lalu klik lagi ke B maka belum tentu garis yang saya hasilakan akan benar-benar lurus 100 persen. Tapi dengan menekan tombol SHIFT pada titik B, maka saya akan mendapatkan garis lurus dititik B. Dengan Cara ini juga Anda bisa untuk memindahkan layer/gambar secara galis lurus. Jadi jangan takut apa sudah lurus apa belum.

Dengan teknik ini juga Anda bisa membuat objek misalnya lingkaran menjadi sama persis, tidak ovale ataupun terlalu menonjol di sisi2nya.

Caranya :

  1. Klik Elipse Tool atu bentuk lain sesuka Anda
  2. Tahan tombol SHIFT pada keyboard lalu buatlah gambar bentuk pada layer, maka secara otomatis akan membesar atau mengecil dengan perbandingan rasio yang sama persis bukan.
  3. Jika sudah mendapatkan bentuk yang sesui lepaskan dan bisa dilihat hasilnya.

Sementara 3 cara ini yang bisa saya bagikan, insya Allah dilain kesempatan saya akan berbagi lagi tutorial singkat Photoshop yang mudah dan sangat bermanfaat.  Semoga artikel ini bermanfaat khususnya buat penulis dan umumnya buat pembaca sekalian.

Jika bermanfaat, jangan lupa like dan share…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here