Cara Menampilkan Crystal Report di VB.Net 2010

0
23441

Alhamdulillah masih diberi kesempatan untuk menulis artikel lagi yang masih berkaitan dengan VB.Net (2010) atau Visual Studio 2010. 

Pada kesempatan kali ini, penulis ingin memfokuskan cara pembuatan laporan dengan menggunakan Crystal Report. Sebenarnya bawaan visual studio sendiri sudah menyediakan untuk pembuatan laporan, akan tetapi akan lebih mantap jika kita menggunakan Crystal Report. Ya, laporan yang satu ini memang sudah sangat terkenal bagi pengguna program pada vb.6. Dimana kemampuannya dalam menyajikan laporan dan mudahnya dalam pengaturan laporan menjadi prioritas yang sangat bagus sekali.  Alhasil, kita akan membahas dan mengulas tentang Crystal Report saja ya.

Bagi orang yang baru migrasi dari vb.6 ke VB.Net ini mungkin masih menemukan sedikit kebingungan, dimana cara kita dalam menambah reference ke dalam project berbeda pada vb.6. Sebenarnya pada program bawaan Visual Studio 2010 ini sudah tersedia untuk pembuatan laporan dengan menggunakan Crystal Report, akan tetapi perlu install semacam plugin tambahan untuk mengintegrasikan Crystal Report ke dalam program VB pada komputer.

Ok, mari kita langsung masuk ke tahapan bagaimana cara menampilkan Crystal Report ke dalam VB.Net:

1. Tambah New Item > Add New Item…

2. Pilih Crystal Report. Seperti contoh berikut:

Untitled2

untuk pertama kali, saat dipilih Crystal Report tentu akan muncul sebuah pesan atau sebuah halaman untuk mendownloadnya terlebih dahulu dari “SAP”. Karena module untuk Crystal Report terpisah, jadi harus diinstal sendiri.

3. Download SAP Cryastal Report

Silahkan download SAP Crystal ReportDISINI ], untuk semantara silahkan download gratis pada link resminya dimana harus mendaftar terlebih dahulu dan mengisi form untuk melanjutkan ke proses download. Nanti akan saya coba upload agar lebih cepat dalam proses downloadnya.

4. Setelah berhasil download, silahkan lanjutkan ke proses installasi SAP Crystal Report yang telah didownload sampai berhasil.

5. Kembali ke program Visual Studio 2010, lalu seperti cara No. 2 buat item baru Crystal Report. Jika muncul berarti Anda sudah sukses menambahakn Crystal Report ke dalam VB.Net. Saat pertama muncl ada pilihan pembuatan Laporannya, untuk sementara pilih no 2 saja, pilih “blank”.  Contoh dari Crystal Reportnya seperti ini:

Untitled2

Sampai disini sebenarnya Anda telah berhasil, akan tetapi perjuangan belum selesai. Masih ada beberapa tahap lagi sampai Crystal Report ini benar-benar bisa berjalan dengan baik dan dapat kita gunakan secara maksimal.

6. Menambahkan CrystalReportViewer. Gunanya adalah menerapkan file Crystal Report pada gambar di atas ke dalam sebuah form windows, sehingga dapat kita modifikasi maupun kita ubah semau kita.

Untitled2

Jika pada saat dicari pertama kali tidak muncul, berarti settingan Net Frameworknya belum sesuai. Crystal Report pada VB.Net ini berjalan baik pada Net Framework 4. Oleh karena itu kita perlu melakukan settingan tambahan untuk mengganti versi dari Net Frameworknya. Ok, lanjutkan cara berikutnya ya.

7. Mengubah settingan Net Framework.

Pilih Menu Project > [Nama Project] Propertis (pada bagian bawah).

Pilih Tab Compile di sebelah kiri, lalu pilih > Advanced Compile Option > Pilih Target Framework > .Net Framework 4

Seperti gambar berikut:

Untitled2

Jika project belum disimpan, silahkan simpan projcet terlebih dahulu. Jika sudah, project akan otomatis mengulang. setelah itu, silahkan ulangi cara No. 6 di atas untuk menampilkan CrystalReportViewer.

8. Tambah form baru, dan tambahkan CrystalReportViewer ke dalamnya, sehingga tampilannya menjadi seperti ini:

Untitled2

9. Selesai

Berikutnya adalah bagaimana caranya kita membuat sebuah laporan dengan Crystal Report, dan menambahkan database, sampai dengan menerapkannya ke dalam form yang sudah tersedia dengan CrystalReportViewer.

Itu dia cara lengkap bagaimana menampilkan Cryastal Report di VB.Net. Semoga bisa bermanfaat dan membantu bagi yang membutuhkan. Jika ada kesalahan dalam pembuatan tulisan ini saya mohon maaf.

Salam — www.rizkyst.com —

LEAVE A REPLY