Cara Menggunakan Module Pada VB.Net

0
9408

Pada kesempatan kali ini akan di bahas tentang penggunaan module pada VB.Net. Mungkin kita sering menggunakan module ini pada saat membuat module koneksi database. Tapi ternyata module ini memiliki banyak fungsi lainnya selain untuk membuat koneksi database saja.

Ok mari kita simak penjelasannya terlebih dahulu mengenai apa itu modul:

module berfungsi untuk menyimpan informasi dalam module itu sendiri yang kemudian mengakses informasi tersebut dari form-form lain dalam aplikasi/project yang kita buat. module dapat digunakan untuk menyimpan fungsi, sub atau bahkan sebuah variable untuk memilah kode Anda, sehingga dapat mengaksesnya dengan lebih mudah. Jika kita membuat sebuah program besar, dimana harus menyimpan banyak fungsi, sub ataupun variabel maka dengan mudah dapat menggunakan module untuk memilah data menjadi beberapa kategori.

Nilai yang kita buat dalam module akan dengan mudah ditampilkan dalam form-form lainnya. Sehingga akan lebih cepat dalam menghasilkan sebuah nilai. Dan terlebih juga nilai/variabel yang telah kita buat pada module dapat dengan mudah dan leluasa untuk kita setting nilainya di form lain. Dengan begitu nilai tersebut dapat kita pakai secara bersamaan untuk form-form lainnya.

Ok..Sebagai contoh, kita akan membuat module rumus mencari luas segitiga.  Berikut langkah-langkah pembuatan module sampai selesai:

1.  Menambahkan module ke dalam project

1

beri nama module tersebut sesuai dengan yang diinginkan.

2.  Mengisi module dengan variable atau fungsi

4

pada kode di module tersebut saya menggunakan variable alas & tinggi yang belum ditentukan nilainya untuk diset nilai tertentu pada form.

3.  Tambahkan form dan desain seperti contoh berikut ini

2

Keterangan :

Alas = txt_alas

Tinggi = txt_tinggi

HASIL = txt_hasil

HITUNG = hitung

Seperti yang terlihat, fungsi dari form ini untuk mengeset nilai variable yang telah kita buat sebelumnya di module.

4.  Tambahkan kode pada button “HITUNG”

5

Catatan:

Nilai alas diambil dari txt_alas

Nilai tinggi diambil dari txt_tinggi

Untuk mengisi nilai hasil pada form, kita akan memanggil fungsi yang telah dibuat pada module kemudian mengsisikan nilainya sesuai dengan variable yang telah kita tentukan tadi.

5.  Test Program

Jika data yang dimasukannya benar, maka akan tampil seperti berikut:

3

Terlihat hasil langsung keluar dengan menggunakan rumus yang ada pada fungsi di module yang telah dibuat sebelumnya.

Itu dia cara mudah menggunakan module. Semoga artikel ini membantu dalam memahami penggunaan module dan dapat mengembangkan penggunaan module pada pembuatan program.

Jika ada pertanyaan silahakan tinggalkan komentar.

LEAVE A REPLY