Akses MySql Database Dari Komputer lain / Jaringan

13
37463

Bismillah.

Alhamdulillah hari ini dikasih kesempatan dapet liburan menjelang hari Raya Iedhul Adha. Saya selaku Admin rizkyst.com mengucapkan selamat Hari Raya Iedhul Adha 1436 H. Semoga Amal kebaikan kita dan do’a yang kita panjatkan dikabulkan oleh Allah Azza wa Jalla. Aamiin…

Pada kesempatan kali ini, saya mau berbagi sedikit cara koneksi MySql database dari komputer lain atau dalam jaringan. Mungkin ada yang belum tau apa si manfaatnya dari topik ini. Ok, akan saya jelaskan dulu sedikit ya. Perhatikan gambar berikut :

 two-computersPada ilustrasi gambar di atas saya coba membuat kejadiannya dulu. Misalnya Komputer A itu sebagai server dimana Database MySql berada. Dan pada komputer B, akan dijalankan program yang membutuhkan koneksi Database MySql yang ada di Komputer A. Untuk mengakses Database MySql pada Komputer A, harus dilakukan penyetingannya terlebih dahulu seperti pada artikel ini.

Itu dia Contohnya, langsung saja ke prakteknya:

  1. Jalankan service Apache dan Mysql. Saya menggunakan XAMPP V.3. Berdasarkan pengalaman, penggunaan versi Xampp yang lebih lama atau jadul kadang sering gagal dalam koneksi antar jaringannya (Mungkin juga ilmu saya kurang,hehe)Screenshot_55
  2. Buka browser (bagusnya pake mozilla) lalu ketik : localhost/phpmyadmin
  3. Setelah terbuka halaman PhpMyAdmin, pilih pengguna/user. Screenshot_56Catatan sedikit, jika langsung memilih pengguna, nantinya hak akses yang dibuat akan secara otomatis mengarah ke seluruh database yang ada di komputer A tersebut, tapi jika ingin memeberikan batasan database mana yang akan diakses, sebaiknya pilih databasenya terlebih dahulu seperti gambar di sebelah kiri, lalu pilih pengguna/user.
  4. Setelah tampil halaman pengguna/user pilh tambahkan pengguna/add user kalo tidak salah.
  5. perhatikan gambar dibawah ini, dan isi semua kolom yang ditunjuk anak panah.Screenshot_58
  6. Penjelasan Point No. 5 : Untuk kolom nomor 2 pada gambar, tanda % menandakan bahwa semua host/atau komputer yang memiliki user dan password dapat mengaksesnya. Untuk tipe ini  sangat cocok bagi yang menggunakan dynamic IP adress dimana alamat IP selalu berubah-ubah, seperti penggunaan modem. Tapi saya sarankan bagi pengguna Static IP (alamat IP yang tetap) untuk memasukan alamat IP tersebut agar lebih aman dan tidak sembarangan orang bisa masuk.
  7. Penjelasan Point No. 5 : Untuk kolom nomor 4 bisa memilah dan memilih apa saja yang bisa dilakukan oleh pengguna ini terhadap database. Harap dicatat, jika memberikan semua hak akses, bisa saja user tersebut merubah struktur tabel maupun menghapus data pada database.
  8. Jika sudah klik Tombol KirimScreenshot_59
  9. Jika sudah berhasil akan ditampilkan halaman pengguna/user terbaru, dan pastikan pengguna baru yang telah ditambahkan tadi muncul.Screenshot_60
  10. Ok, untuk settingan mysql saya rasa sudah cukup. Kita akan beralih ke settingan lain. Pada point ini, kita akan menggunakan nama komputer sebagai pengganti IP Adress (seperti penjelesan di point 6).Screenshot_61 Hal ini sangat cocok agar kita tidak cape mengubah alamat IP Adress di PhpMyAdmin seperti di atas. Catat nama yang tertera pada baris : Computer Name. Nama itu yang akan kita gunakan.
  11. Selanjutnya kita akan mengetes akses yang sudah kita buat pada Komputer B
  12. Pada Komputer B, buka ODBC, atau bisa ketikan ‘odbc‘ seperti gambar di bawah.Screenshot_62
  13. Setelah muncul tampilan ODBC, pilih Add untuk menambahkan.Screenshot_63
  14. Pilih datasourcenya, jika belum terinstal datasource MySql bisa coba download pada link resminya DISINI. Klik finish jika sudah.Screenshot_64
  15. Isikan kolom-kolom yang ditunjukan oleh anak panah.Screenshot_65
  16. Untuk IP Server isikan dengan nama komputer yang ada di point 10.
  17. Isikan user sesuai dengan user yang telah kita buat di PhpMyAdmin dan begitupula dengan password.
  18. Pilih Database. Catatan: Jika database tidak muncul berarti masih belum bisa terkoneksi ke komputer A. Coba diulangi langkah-langkah di atas, dan pastikan sudah terhubung dalam satu jaringan antara Komputer A dan Komputer B. Bisa menggunakan jaringan LAN ataupun WIFI tidak ada masalah seharusnya.
  19. Pilih Test untuk mencoba,Screenshot_66 jika muncul tulisan Connection Succesful berarti sudah berhasil.
  20. Pilih Ok untuk menyimpan, cancel untuk membatalkan.

Jika sudah berhasil, untuk penggunaan pada aplikasi client pada Komputer B, kita hanya butuh mengubah alamat server pada koneksinya yang biasanya menggunakan server : Localhost, bisa diubah menjadi: server : Komputer-A (sesuai nama komputer A). Cukup itu saja dan koneksi akan sukses.

Apa kelebihan yang didapat dari cara ini?

  • Tidak perlu menginstal kembali XAMPP ataupun aplikasi database lain dikomputer B.
  • Dapat dengan cepat untuk men-sinkronisasi data antar komputer.
  • Data lebih aman, karena berada hanya di 1 komputer saja.
  • Lebih hemat dan cepat untuk pemeliharaan data.
  • Bisa dipakai dalam banyak komputer yang terhubung dalam jaringan. Misalnya sekolah, maupun kantor sekalipun.

Itu dia cara untuk mengakses MySql Database dari komputer lain/server.

Pada Artikel lain saya akan membagikan penerapannya pada aplikasi yang dibuat dengan menggunakan VB.Net InsyaAllah.


 

Semoga bermanfaat, jangan lupa dishare agar bisa bermanfaat untuk yang lainnya.

LEAVE A REPLY